Malioboro Jantung kota yogyakarta

Malioboro Jantung kota yogyakarta


Berbelanja murah dan menyenangkan

Malioboro, jantung utama Jogja
Jalan Malioboro adalah salah satu ruas jalan yang paling populer di Indonesia. Nama Malioboro diambil dari istilah malyabara yang berarti jalan dengan untaian bunga-bunga. Pada masa lalu Malioboro memang penuh dengan untaian bunga di kiri-kanan jalan ketika dilewati oleh tamu kehormatan Sultan.  

Malioboro dipenuhi dengan pertokoan yang memang telah ada sejak dulu. Jalan Malioboro berdirilah pasar Beringharjo diikuti dengan tumbuhnya  kawasan pecinan dan pertokoan di sepanjang Malioboro. Selain pertokoan, di Malioboro juga terdapat Gedung Kepatihan yang pada masa penjajahan digunakan oleh Belanda mengontrol keraton Kasultanan. Sekarang ini gedung ini digunakan sebagai kantor Gubernur DIY.

Di bagian ujung jalan terdapat Benteng Vredeburg yang memang dibangun untuk mengawasi gerak langkah Sultan. Di sudut benteng kuno ini terdapat “gauk”, tower sirine yang pasa masa Perang Dunia ke 2 digunakan sebagai tanda adanya serangan musuh. Sedangkan gedung DPRD DIY yang terletak di utara Legian Resto dahulu digunakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang Belanda yang gemar dengan ilmu metafisika.

Anda dapat berjalan-jalan sambil memilih berbagai pernak-pernik kerajinan tangan seperti gelang atau kalung untuk oleh-oleh atau untuk Anda kenakan sendiri. Anda juga dapat memilih sandal, baju batik, baju surjan, atau daster dengan harga yang terjangkau.

Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai koleksi batik dan busana batik di toko-toko batik yang ada  di sepanjang malioboro. Bagi anak muda, malioboro juga memberikan pilihan busana gaya masa kini di yang ada di berbagai toko. Jika masih berniat untuk berbelanja, Anda dapat menjelajahi Pasar beringharjo di sebelah selatan Malioboro untuk membeli batik, berbagai aksesoris, dan aneka souvenir pernikahan dengan harga murah. 

Bagi penggemar kaset lama Anda dapat menuju selatan Pasar Beringharjo untuk melihat-lihat berbagai koleksi kaset lama tapi berkualitas. 

Malioboro juga menyediakan pilihan menginap di banyak hotel dan penginapan. Anda tinggal memilih, hotel bintang dengan tarif yang berkelas dan pelayanan yang istimewa atau hotel  melati dengan tarif kamar yang sangat terjangkau. Kampung Sosrowijayan dan Sosrokusuman yang sangat dekat dengan Malioboro  adalah pusatnya hotel atau homestay murah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. 

Tempat menarik di sekitar Malioboro
•    Pusat Informasi Wisata, Kompleks Kepatihan
•    Titik Nol Kilometer Kota Jogja, Perempatan Kantor Pos Besar
•    Alun-alun utara dan Keraton Yogyakarta
•    Taman Pintar
•    Taman Budaya Yogyakarta, tempat pameran dan pertunjukan seni
•    Pusat penjualan buku murah “Shopping”
•    dll......

source

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top